Jumat, 11 April 2014

SIAPA YANG MENCIPTAKAN TWITTER?

Jack Dorsey, Sang Pencipta Twitter 
 

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”. Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
 

Jack Dorsey
Jack Dorsey, lahir November 19, 1976, ketika usianya baru 24 tahun muncul
ide yang sederhana dibenaknya untuk mengubah cara berkomunikasi secara sosial,
sebuah ide yang akhirnya berubah menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai
Twitter. Jack Lahir di St Louis, Missouri, ia sudah  menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 dan adalah  untuk menciptakan perangkat lunak open source aplikasi yang berhubungan dengan  rute taksi dan kurir pengiriman.

Di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada
saat itu, pesan instan benar-benar mulai luarbiasa, dengan AOL Instant Messenger
layanan yang sangat populer. Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya apakah ia
dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk menyediakan layanan pengiriman pesan
status. “Bagaimana jika Anda dapat berbagi status Anda dengan semua teman-teman
Anda benar-benar mudah, sehingga mereka tahu apa yang Anda lakukan, tapi Anda
tidak ingin harus menulis seluruh blog entry atau Live Journal entry?”

Seiring berjalannya waktu dan Jack sedang sibuk bekerja
pada sebuah solusi pengiriman berbasis web, ia menganggap apakah pesan teks SMS
dapat dimasukkan ke dalam konsep pesan status interaktif.

Evan  Williams, seorang mantan eksekutif Google, menyediakan dana investasi dan
bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal
2006 mereka sudah siap, tetapi tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran
yang aktif.

Pada bulan Agustus tahun 2006, twitter lahir, layanan  microblogging ini Berbeda dengan layanan blog seperti Blogger, WordPress dan  Multiply, Twitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu  dinamakan microblogging. Apabila aktifitas menulis yang dilakukan oleh para  blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga  halnya dengan aktifitas yang dilakukan oleh para pengguna Twitter: tweeting.

Jack Dorsey, kembali memimpin Twitter. Jack Dorsey datang di saat Twitter tengah butuh pengembangan pesat di tengah popularitasnya yang terus naik dan mulai komersiil. Meski sebagai co-founder bersama Evan Williams dan Biz Stone, selama dua tahun Dorsey di luar struktur manajemen Twitter. Terakhir ia menjabat CEO Twitter tahun 2008 sebelum digantikan Evan Williams. Menurut sejumlah sumber, kedua orang tersebut mempunyai kepribadian yang sangat berbeda dan hal tersebut akan berpengaruh terhadap model kepemimpinannya.

Dorsey akan menjabat Executive Chairman, yang bertanggung jawab memimpin pengembangan produk. Ia bertanggung jawab langsung kepada CEO sekarang, Dick Costolo. Sekarang justru gantian Evan Williams yang akan meninggalkan tanggung jawab operasionalnya di Twitter setelah mundur dari CEO Twitter pada Oktober tahun lalu. Namun, Williams akan tetap duduk di anggota dewan direksi dan menjadi penasihat strategi. Selama dua tahun meninggalkan Twitter, Dorsey memang sempat mendirikan perusahaan start-up baru, Square. Perusahaan yang bergerak menyediakan solusi pembayaran transaksi online lewat perangkat mobile tersebut akan tetap menjadi prioritas bisnis pribadinya. Di Twitter, ia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengirimkan pesan pertama cikal bakal layanan microblogging tersebut.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.

Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata “Michael Jackson” pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar