Rabu, 26 Maret 2014

MAKANAN KHAS DARI IRLANDIA


 















Irlandia cukup terkenal di bidang pertanian khususnya kentang, makanan khas-nya pun juga banyak menggunakan kentang sebagai bahan utamanya.
Kali ini kita akan mencoba membuat makanan khas Irlandia: Boxty

Boxty (bacstaí atau arán bocht tí dalam bahasa Irlandia yang berarti "poor house bread") bisa disebut sebagai pancake kentang tradisional Irlandia. Hidangan ini aslinya berasal dari bagian Utara Irlandia yaitu bagian Utara Connacht (mereka menamakannya poundy atau poundies) dan bagian Selaran Ulster (dimana dikenal sebagai roti kentang).

Seiring dengan meningkatnya minat mengenai makanan Irlandia, kepopuleran Boxty pun ikut meningkat. Tidaklah aneh jika Boxty terdapat di dalam menu-menu restoran di luar area yang berkaitan. Boxty juga dapat dibeli di toko dan supermarket, baik dalam bentuk dumpling ataupun pancakes siap saji. Beberapa resep modern menggunakan bawang putih dan bumbu lainnya sebagai penambah rasa. Boxty biasanya disajikan sebagai 'pembungkus', seperti kebab.
Bahan
500 gram kentang, kupas lalu parut
500 gram mashed potato (kentang tumbuk)
420 gram tepung terigu
1 sendok makan penuh baking powder
1-2 sendok makan mentega cair (yang sudah dilelehkan)
Garam dan lada hitam (yang fresh/baru digiling)
200 ml susu
1-2 sendok makan olive oil
8-12 potongan smoked streaky bacon
Sirup maple, untuk sentuhan terakhir
Proses Pembuatan
Bungkus irisan kentang ke dalam handuk kecil yang bersih, lalu remas pelan-pelan sampai kering.

Masukkan irisan kentang ke dalam mangkuk, campurkan mashed potato ke dalamnya lalu aduk sampai rata.

Masukkan tepung dan baking powder ke dalam adonan kentang, lalu aduk lagi sampai rata. Kemudian masukkan mentega cair dan bumbu-bumbu, bersama dengan garam dan lada hitam, aduk sampai rata.

Masukkan susu sedikit demi sedikit ke dalam adonan kentang, aduk-aduk sampai susu benar-benar tercampur ke dalam adonan. Bentuk adonan yang benar setelah susu tercampur dengan baik adalah tebal dan padat. Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit susu saja.

Sementara itu, panaskan minyak di dalam wajan yang anti lengket di atas api yang tidak terlalu besar (medium). Masukkan potongan bacon dan goreng sampai 6-8 menit, sampai garing dan berwarna keemasan di kedua sisi.
Angkat dari wajan dan letakkan di atas kertas tissue (kitchen paper)

Masukkan satu sendok penuh (sendok demi sendok) adonan boxty ke dalam minyak bekas gorengan bacon, berikan jarak setiap sendok untuk mengembang di dalam wajan. Goreng boxty di atas api yang medium sekitar 3-4 menit bolak-balik, atau sampai boxty berwarna keemasan dan parutan kentang matang. Tiriskan boxty menggunakan slotted spoon (sendok besar untuk meniris) dan letakkan di atas kitchen paper. Ulangi proses ini untuk keseluruhan adonan boxty.

Untuk penyajian, bagi-bagi boxty untuk 4-6 piring. Letakkan 2 irisan bacon yang garing di sampingnya. Tuangkan sirup maple secukupnya pada bagian atas hidangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar